Trik Jitu Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Terhadap Marketplace Anda

Iklan

no-style

Trik Jitu Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Terhadap Marketplace Anda

Senin, 18 Januari 2021, 11:46:00 PM WIB Last Updated 2021-01-18T16:46:57Z
Strategi Membangun Kepercayaan Konsumen dengan Website


Bagaimana Cara Membangun Kepercayaan terhadap Pasar Online Baru Anda?

Ulasan bagus di internet dapat membuat bisnis apa pun sukses. Jika Anda memiliki 5 dari 5 bintang berdasarkan setidaknya seratus review atau dua opini online, pertumbuhan Anda cukup terjamin. Masalahnya adalah, bagaimanapun, bahwa orang lebih suka menulis ulasan ketika mereka memiliki pengalaman buruk daripada ketika mereka memiliki pengalaman yang baik - kemarahan lebih kuat daripada kebahagiaan. 

Dalam kasus bisnis pasar online, ulasan buruk adalah hal yang harus Anda dapatkan dengan sangat hati-hati. Karena orang ingin yakin bahwa layanan yang ingin mereka gunakan aman, mereka sering memeriksa situs web seperti Trustpilot. Jika Anda memiliki opini yang cukup bagus tentang platform seperti ini, Anda dapat membual tentang hal itu di situs web Anda dan menggunakan baner yang mengatakan, misalnya, 90% pembeli kami mempercayai kami. 

Dan sementara mendorong orang untuk menulis ulasan positif untuk Anda mungkin efektif, bahkan lebih penting lagi, mungkin perlu meminimalkan risiko bahwa seseorang akan memberi Anda 1 bintang dengan review negatif. 

Lalu bagaimana cara menghindari reputasi yang buruk? Bagaimana cara memastikan pengguna memercayai bisnis pasar Anda dan merekomendasikannya kepada orang lain? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini secara komprehensif, kami memutuskan untuk berbagi dengan Anda beberapa tips Marketplace tentang bagaimana membangun kredibilitas dengan meminimalkan risiko dan memastikan kata yang tepat tentang platform Anda disebarkan. 

Meminimalkan resiko

Sebelum kita fokus menyebarkan berita tentang platform Anda dan memutuskan cara memasarkan marketplace, ada baiknya untuk memastikan bahwa Anda meminimalkan risiko membuat pelanggan kecewa dan, akibatnya, berakhir dengan beberapa ulasan negatif dan marah.


Baca Juga : Gorontalo Marketplace Produk Virtual Terpercaya Di Indonesia - Gormart.com


Pertama, dari banyak tips marketplace yang bagus, kami telah mendengar dari para ahli - tanyakan pada diri Anda pertanyaan: Apa hal terpenting bagi pembeli?  

Jawaban kami adalah: untuk menerima apa yang diperintahkan kepada mereka akan mereka dapatkan. Ini dapat dicapai dengan berbagai cara, tetapi sebenarnya lebih mudah dilakukan di awal permulaan bisnis marketplace Anda saat Anda tidak memiliki banyak vendor / penjual, dan mudah untuk mengontrolnya.  

Jika Anda berencana untuk bekerja dengan bisnis daripada penjual acak yang ingin menjual barang bekas mereka (dan mungkin bahkan tidak tahu cara menjual di marketplace dengan tepat), itu cukup mudah. Pada awalnya, Anda mungkin akan menjangkau bisnis tersebut sendiri, berharap mereka akan bergabung dengan Anda. Ini berarti Anda mungkin memiliki (atau seharusnya memiliki, setidaknya) daftar perusahaan yang kredibel dan dihormati untuk dihubungi. 

Setelah Anda selesai dengan tahap awal kehidupan pasar Anda dan memiliki bisnis yang menghubungi Anda, masih mungkin untuk memastikan bahwa ini adalah vendor yang andal. Sumber Global, misalnya, meskipun menjadi salah satu platform pasar B2B terbesar di dunia, tetap memeriksa setiap pabrikan baru yang bergabung dengan mereka dan memastikannya sesuai dengan standar mereka. 

Bepergian dengan orang-orang

Situasi ini mungkin lebih sulit Anda tangani saat Anda berencana menjalankan pasar e-niaga di mana siapa pun dapat membeli dan menjual barang. Dalam kasus ini, mungkin sulit untuk memastikan pelanggan Anda cukup terlindungi. 

Jadi apa yang bisa dilakukan?

Terserah Anda seberapa aman yang Anda inginkan dari keseluruhan proses. Orang mungkin berpikir, Tentu saja, saya ingin menyiapkan semua langkah keamanan yang mungkin! Bukankah itu yang diinginkan pengguna?

Yah, belum tentu. Keamanan hadir dalam berbagai bentuk. Dari sudut pandang Anda, Anda mungkin ingin mendapatkan semua informasi yang mungkin dari pengguna untuk memastikannya nyata dan kredibel. Anda dapat membuat mereka selalu menambahkan fotonya di profil. Anda bahkan mungkin meminta mereka untuk memberi Anda scan ID mereka untuk mendaftar di platform. Sekarang ini lebih mudah dari sebelumnya, berkat solusi yang siap digunakan, seperti Anyline . 

Tetapi bagi Anda ini berarti keamanan, bagi pengguna itu bisa menjadi kebalikannya. Banyak orang tidak menyukai gagasan berbagi informasi mereka secara online - dan mereka melakukannya karena keamanan mereka. Berbagi ID resmi di internet adalah hal yang paling ditakuti sebagian orang. Dan meskipun Anda mungkin menjanjikan mereka penanganan detail yang paling aman, banyak yang masih tidak akan mempercayai Anda - karena, seperti yang diyakini beberapa orang, tidak ada tindakan keamanan yang pada akhirnya tidak dapat dilanggar.

Yang dapat Anda lakukan adalah mendorong orang untuk membagikan sebanyak mungkin detail mereka. Bujuk mereka dengan mengatakan bahwa semakin banyak informasi yang mereka miliki di profil mereka, mereka akan semakin dapat dipercaya oleh pengguna lain.

Cobalah juga untuk membuat mereka menghubungkan akun mereka di pasar Anda dengan akun di Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya. Anda bahkan dapat memaksa mereka untuk selalu menambahkan foto asli dari produk yang mereka jual dan melarang penggunaan foto stok dan gambar resmi dari produsen. Hal ini dilakukan, di antara banyak hal, oleh OLX, alternatif Craigslist untuk sebagian besar negara berkembang.  

Dengan kata lain, ajari pengguna Anda cara menjual di pasar secara efektif.  Dengan panduan dan FAQ yang tepat, mereka akan mengikuti petunjuk Anda, menjual apa yang mereka tawarkan, dan pada akhirnya tetap berpegang pada platform Anda.

Amankan pembeli

Tetapi bagaimana cara memastikan bahwa pembeli pada akhirnya cukup aman? Mereka mungkin masih membeli produk dari penjual yang tampak tidak dapat dipercaya dan menyalahkan marketplace Anda.

Sekali lagi, situasi terburuk terjadi ketika pelanggan tidak menerima produk sama sekali, atau produk yang dikirim sangat bervariasi dari apa yang dijanjikan di situs web Anda. Dalam kedua kasus tersebut, dua hal utama harus dipertimbangkan: pembayaran dan dukungan pelanggan. 

Pembayaran

Bagaimana Anda menangani transfer uang sangatlah penting. Beberapa pasar mencoba membuat proses lebih aman dan terlibat langsung di dalamnya, misalnya dengan mengumpulkan uang dari pembeli sendiri. Uang ini nantinya bisa diteruskan ke penjual setelah paket dikonfirmasi untuk dikirim / dikirimkan. 

Banyak pasar juga memutuskan untuk menggunakan sistem PayPal. PayPal menangani pengamanan pembayaran sendiri dan dapat mengganti uang pembeli jika ada yang salah dengan pengiriman atau produk itu sendiri.

Dukungan Pelanggan

Ketika semuanya turun, tim dukungan pelanggan yang tepat dan terlatih sangat penting untuk menangani masalah apa pun. Bahkan jika Anda memiliki sistem PayPal yang disertakan, pelanggan mungkin tidak akan terburu-buru menghubungi PayPal pada awalnya - mereka akan menginginkan penjelasan dari orang-orang Anda. Dukungan pelanggan harus dapat menangani masalah apa pun dengan cepat dan sopan. Berkat ini, pembeli mungkin akhirnya mengingat platform Anda secara positif, bahkan ketika yang terburuk terjadi.

Kiat cepat tentang pasar berdasarkan hal-hal di atas: meskipun memungkinkan untuk mengotomatiskan banyak pekerjaan yang terkait dengan operasi platform online Anda, dukungan pelanggan manusia tetap merupakan sesuatu yang harus Anda dorong. Ya, ada AI chatbot yang tersedia , tetapi itu tidak akan cukup di setiap kasus. Faktanya, terkadang yang paling membuat orang kecewa tentang layanan tertentu adalah penggunaan chatbot dan jumlah manusia yang sedikit di pusat dukungan. Lihat review bank N26 khusus online Jerman, misalnya.    

Membuat Pengguna Bekerja untuk Membangun Kepercayaan Pasar Anda

Setelah Anda meminimalkan semua risiko utama yang datang dari pengguna itu sendiri, sekarang saatnya untuk berpikir tentang membuat platform Anda dikenal sebagai pasar yang ramah, berguna, dan kredibel. 

Di tengah rencana ini - sekali lagi - para pengguna. Jangan membeli ulasan palsu, komentar palsu, dan suka palsu untuk diri Anda sendiri. Terkadang Anda akan menemukan orang menyebarkan tip pasar yang buruk ini, tetapi jangan mempercayai mereka. Buat pengguna nyata melakukan komunikasi nyata. Hanya mereka yang bisa membuatnya alami dan otentik.

Bagaimana cara mendorong mereka untuk percaya pada platform Anda dan menaatinya? 

Pertama, terapkan sistem rating. 

Saat Anda berencana untuk bekerja dengan vendor profesional, fokuslah untuk mengizinkan (dan mendorong!) Ulasan untuk penjual dan produk. Saat Anda bekerja untuk pengguna standar baik dalam hal pembelian dan penjualan, izinkan semua orang untuk menilai satu sama lain setelah setiap transaksi.

Tetapi Anda juga harus ingat tentang mendorong komunikasi selain ulasan sederhana. Biarkan orang mendiskusikan produk, biarkan mereka berdebat tentang pendapat mereka yang kontradiktif. Apakah Anda akan menggunakan kekuatan media sosial untuk itu atau akankah Anda menyimpan percakapan seperti ini di platform Anda? Kedua opsi tersebut berguna, tetapi Anda harus selalu mempertimbangkan rencana Anda yang lebih besar, keseluruhan arsitekturnya.

Menjadi ahli

Seperti yang pasti akan ditunjukkan beberapa tahun ke depan, kesuksesan akan menemukan ceruk pasar Anda.  Pasar untuk pasar umum sangat ramai, dan akan sulit untuk mencicipinya sendiri. Saatnya mencari industri yang menginginkan tempat mereka sendiri di internet, platform jual beli mereka sendiri.

Kasus hebat untuk dipertimbangkan adalah 3D Hub , jaringan pabrikan yang siap untuk mencetak 3D apa pun yang dibutuhkan pembeli, atau GOAT , platform yang menghubungkan penggemar sepatu kets yang unik, terkadang cukup mahal. Ketika Anda mengunjungi salah satu pasar ini, Anda sudah tahu bahwa orang-orang di belakang mereka adalah ahli dalam apa yang mereka lakukan - mereka berfokus pada satu ceruk tertentu, dan mereka memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Contoh lain yang patut disebutkan adalah BookaRentals , pasar bagi para pelancong yang ingin menghabiskan liburan mereka dengan cara yang paling tidak biasa. Booka beroperasi di bawah beberapa situs web yang berbeda, masing-masing menawarkan berbagai jenis akomodasi khusus, seperti rumah perahu (sebagian besar populer di Belanda), rumah pohon, hotel es, dan bahkan rumah berhantu! Lalu lintas mereka juga sangat didasarkan pada bagian SEO dari strategi pemasaran mereka - berkat fokus pada bisnis khusus, mereka dapat peringkat tinggi untuk kata kunci yang relevan (misalnya, menyewa mercusuar, memesan mercusuar) di Google.  

Pendekatan yang didorong oleh niche serupa dapat dilihat bahkan ketika melihat salah satu pasar paling populer :

  1. BlaBlaCar memungkinkan orang untuk menawarkan tumpangan dari satu tempat ke tempat lain dan sepenuhnya berfokus pada layanan ini.   
  2. Airbnb memulai dengan mengajak orang untuk menawarkan apartemen mereka untuk disewa jangka pendek dan sekarang berkembang ke bidang pariwisata lainnya.
  3. Etsy membantu seniman dalam menjual produk buatan tangan mereka kepada pelanggan di seluruh dunia.  
  4. Amazon  mungkin merupakan pasar yang sangat umum, tetapi lihat divisi terpisah mereka dari e-book Kindle atau layanan audiobook Audible mereka. 

Perusahaan-perusahaan ini semua menanggapi kebutuhan klien mereka dengan memposisikan diri mereka sebagai Marketplace Terpercaya. Mereka memahami kekhawatiran dan keinginan pengguna mereka; mereka menciptakan tren dan menetapkan strategi media sosial menjawab langsung ke kelompok sasaran yang direncanakan.

Jadi temukan marketplace Anda dan pelajari semua yang Anda bisa tentangnya. Menjadi ahli adalah cara terbaik untuk membuat platform baru Anda berani, jujur kredibel, bertanggung jawab dan benar-benar dihormati oleh pelanggan!

Komentar

Tampilkan

  • Trik Jitu Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Terhadap Marketplace Anda
  • 0

Terkini