Iklan


Menu Bawah

KKN Tematik Online ala UHO: Perlawanan terhadap Penyebaran Covid-19

Monday, June 8, 2020, 12:34:00 PM WIB Last Updated 2020-06-18T07:04:16Z
Tim KKN Tematik UHO 2020 Wilayah Buton, Sulawesi Tenggara Gelar Pembekalan secara Daring.

Kendari - Covid-19 merupakan salah satu jenis virus terbaru dari keluarga corona virus yang saat ini tengah mewabah di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia. Masifnya penyebaran yang dikarenakan virus ini menjangkit dari manusia ke manusia, sehingga World Health Organization (WHO) melalui Dirjen WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyampaikan penetapan COVID-19 sebagai pandemi global pada Kamis (12/3/2020).

Baca Juga : Patihakbar - Situs Pendidikan Terkini

Di Indonesia sendiri, hingga 5 juni 2020 tercatat sebanyak 29.521 kasus, 9.443 orang sembuh dan nyawa yang berjatuhan mencapai 1.770 jiwa. Hal ini sangatlah membuat kita terpukul dan merasa perlu adanya tindakan untuk melakukan gerakan pencegahan hingga perlawanan kuat terhadapnya.

Tidak hanya itu saja, Covid-19 juga telah menyebabkan segala bentuk aktivitas sosial, ekonomi, politik, hingga pada skala pendidikan menjadi terhambat.

Hal ini tidak lain karena kebijakan pemerintah yang sejak awal April lalu telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di seluruh wilayah-wilayah terdampak, dan menyarankan kepada seluruh rakyat Indonesia agar Stay at Home. Hingga seluruh aktivitas yang biasanya dilakukan secara langsung menjadi via daring atau online.

Hal tersebutlah yang membuat Rektor Universitas Halu Oleo Kendari (Prof. Dr. Muh. Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc.) mengeluarkan surat edaran mengenai aktivitas kampus termasuk civitas akademika agar dilakukan secara virtual, dari rumah masing-masing.

Begitu pun yang saat ini sedang berlangsung, Universitas Halu Oleo Kendari memprogramkan KKN Tematik Online dengan tema-tema kesehatan mengahadapi wabah Covid-19. Agar mahasiswa dapat berkontribusi di tengah-tengah masyarakat pada masa pendemi ini.

Salah satunya ialah Kelompok KKN Tematik 2020 UHO di wilayah Kabupaten Buton. Yang bersinergi dengan tema "Penguatan Peran Warga Masyarakat dalam Mitigasi dan Adaptasi Menghadapi Wabah Covid-19 di Kabupaten Buton". Tujuan dari judul tema tersebut ialah melakukan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada 5 Juni 2020, Kelompok KKN Tematik UHO Wilayah Kabupaten Buton telah diselenggarakan Pembekalan sekaligus pelepasan Mahasiswa yang juga dilakukan secara virtual.

Pada kegiatan pembekalan tersebut, para dosen pengampu menjelaskan berbagai hal untuk dipahami dan dijalankan oleh mahasiswa-mahasiswanya.

Seperti tujuan dilakukan KKN tersebut, latar belakang judul tema KKN, tujuan dari kegiatan pembekalan tersebut, penunjukan ketua kelompok dan sekretaris, pembagian tim-tim khusus dan program-program rencana kegiatan yang akan dilakukan, dan lain-lainnya.

Kegiatan ini telah di mulai pada awal Juni 2020 hingga akhir Juni 2020. Dan diharapkan warga masyarakat Kabupaten Buton dapat mengetahui serta menyambut dengan baik kegiatan tersebut sehingga kita bisa sama-sama berjuang keras demi terwujudnya masyarakat yang bersih, sehat dan bebas dari wabah Covid-19, terkhusus di Kabupaten Buton.

Oleh: Ricky Sarwan
Kader DPC GMNI Kendari
Komentar

Tampilkan

Terkini

Tips & Trik

+